Polling

Menurut Anda Website ini?
 

Kalendar Kegiatan

«
<
July 2017
>
»
S M T W T F S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5
Koordinator
PERGURUAN TINGGI SEHAT PDF Print E-mail
Written by Komang| Wednesday, 31 December 2014 18:21   

PERGURUAN TINGGI SEHAT

Dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat pada umumnya dan khususnya kepada calon mahasiswa baru, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu menyampaikan informasi tentang kriteria perguruan tinggi yang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu perguruan tinggi yang:

  1. Memiliki izin pembukaan program studi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan telah terakreditasi;
  2. Memiliki Statuta Perguruan Tinggi;
  3. Memiliki Rencana Strategis Perguruan Tinggi;
  4. Memiliki dan menjalankan standar dalam bidang akademik maupun non-akademik;
  5. Melaporkan kegiatan proses pembelajaran seluruh program studi setiap semester ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  6. Tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dalam suatu program studi tanpa izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk kelas jauh;
  7. Tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berupa tatap muka lebih dari 9 (sembilan) jam per hari untuk seorang mahasiswa;
  8. Diselenggarakan oleh yayasan, perkumpulan, persyarikatan, atau badan hukum nirlaba sejenis yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang (bagi perguruan tinggi swasta); dan
  9. Tidak sedang konflik kelembagaan, baik secara internal maupun eksternal perguruan tinggi.


Informasi tentang perguruan tinggi, program studi, dosen dan mahasiswa dapat diperoleh melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) dengan alamat: http://forlap.dikti.go.id/. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka laman tersebut:

  1. Silahkan buka alamat laman http://forlap.dikti.go.id/.
  2. Bila laman PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI sudah terbuka, maka pada laman ini tersedia menu PENCARIAN DATA, GRAFIK STATISTIK, REKAP DATA dan HOME.
  3. Bila kita pilih (klik) menu PENCARIAN DATA, maka akan tersaji submenu PROFIL PT (untuk pencarian data perguruan tinggi), PROFIL PRODI (untuk pencarian data program studi), PROFIL DOSEN (untuk pencarian data dosen), dan PROFIL MHS (untuk pencarian data mahasiswa).
  4. Submenu PROFIL PRODI, PROFIL DOSEN, dan PROFIL MHS dapat juga diakses melalui submenu PROFIL PT.
  5. Bila submenu PROFIL PT kita pilih, maka akan muncul laman "Pencarian Data Perguruan Tinggi." Silahkan tulis nama perguruan tinggi pada isian "Kata Kunci."  Isian lain yang tersedia bisa diisi, bila perlu. Kemudian klik "Cari Perguruan Tinggi."
  6. PD Dikti akan menyajikan informasi dasar tentang perguruan tinggi yang mencakup "Kode PT," "Nama PT," "Provinsi," "Kategori," "Status," "Jumlah Dosen Tetap," "Jumlah Mhs" dan "Rasio Dosen Tetap/Jumlah Mahasiswa"
  7. Angka rasio dosen-mahasiswa yang ditunjukkan pada laman ini menggambarkan rata-rata jumlah mahasiswa yang ditangani oleh seorang dosen tetap pada tataran perguruan tinggi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang efektivitas proses pembelajaran maka perlu diperiksa rasio dosen tetap/jumlah mahasiswa pada tataran program studi. Makin kecil angka ini, maka berarti semakin efektif proses pembelajaran di perguruan tinggi (dan di program studi) tersebut.
  8. Bila kita klik nama perguruan tinggi (tulisan berwarna biru) pada kolom "Nama PT" maka akan tersaji "Profil Perguruan Tinggi" yang mencakup status PT (aktif atau non-aktif), tanggal berdiri, nomor dan tanggal SK pendirian, dan alamat PT (alamat pos, website, dan email). PT non-aktif berarti PT tersebut tidak menyampaikan laporan semesteran tentang proses belajar mengajar kepada PD Dikti.
  9. Pada laman ini tercantum juga nama-nama program studi yang dimiliki oleh PT tersebut, lengkap dengan Status (aktif/non-tidak), Jenjang, Jumlah Dosen Tetap, Jumlah Mahasiswa dan Rasio Dosen Tetap/Jumlah Mahasiswa.
  10. Terkait dengan rasio dosen-mahasiswa, sesuai dengan aturan yang berlaku, sebuah program studi dinyatakan memenuhi standar apabila rasio dosen-mahasiswa untuk program studi eksakta 1:20 (toleransi sampai 1:30) dan non-eksakta 1:30 (toleransi 1:45).
  11. Bila kita klik nama program studi (tulisan berwarna biru), pada kolom "Nama Program Studi," maka akan tersaji "Profil Program Studi." Tersedia 3 pilihan submenu, yaitu Umum, Dosen dan Mahasiswa. Submenu umum meyajikan informasi tanggal berdiri, nomor dan tanggal SK pendirian, alamat website dan email,  visi, misi, kompetensi Program Studi, Capaian Pembelajaran. Makin lengkap informasi tersebut ditampilkan oleh Program Studi (perguruan tinggi), maka berarti makin transparan dan makin baik perguruan tinggi tersebut.
  12. Bila submenu "Dosen" kita klik, maka PD Dikti  akan menyajikan "Nama Dosen," "Gelar" dan "Pendidikan." Aturan yang akan diberlakukan mulai tahun 2015 adalah bahwa pendidikan dosen itu minimum jenjang S2 dengan bidang studi yang relevan dengan program studi dan matakuliah yang diampu, yang bisa dilihat pada "Riwayat Mengajar" (lihat nomor 13 berikut).
  13. Bila nama dosen kita klik maka akan tersaji "Biodata Dosen" yang mencakup "Data Dasar," "Riwayat Mengajar" (silahkan klik untuk mengetahui matakuliah yang diampu) dan "Riwayat Pendidikan" (silahkan klik untuk mengetahui perguruan tinggi tempat belajar, gelar akademik, tanggal ijazah untuk setiap jenjang yang pernah diambil). Banyak kasus, "Bio Data" dosen ini tidak diisi dengan lengkap. Makin lengkap informasi ini tersaji, maka program studi ini bisa dikatakan makin baik dan makin transparan.
  14. Bila submenu "Mahasiswa" kita klik, maka akan muncul informasi tentang jumlah mahasiswa per semester. Bila angka pada kolom "Banyak" diklik untuk Semester tertentu, maka akan muncul laman "Data Mahasiswa Semester tertentu, dan pada laman ini akan disajikan nama-nama mahasiswa yang terdaftar
  15. Bila kita klik nama mahasiswa, maka akan muncul laman "Biodata Mahasiswa" yang terdiri dari submenu "Biodata" dan "Riwayat Kuliah." Pada Biodata akan muncul informasi dasar tentang mahasiswa. Bila "Riwayat Kuliah" kita klik maka akan muncul informasi tentang jumlah sks yang diambil pada semester tersebut. Seharusnya, semua nama matakuliah yang diambil pada setiap semester itu juga ditampilkan tetapi pada banyak kasus, perguruan tinggi tidak mengisi dengan lengkap. Informasi ini sangat penting bagi mahasiswa, yaitu untuk melihat legalitas status mahasiswa dan riwayat pengambilan matakuliah per semester sejak awal diterima sebagai mahasiswa sampai lulus dari program studi yang dipilihnya.
  16. Bila setelah Langkah 4, submenu yang kita klik adalah submenu PROFIL PRODI, maka akan muncul laman Pencarian Data Program Studi. Bila "Perguruan Tinggi" diisi dengan nama perguruan tinggi, dan "Kata Kunci" dengan nama program studi atau kode program studi, lalu klik "Cari Prodi," maka PD Dikti akan menampilkan laman "Hasil Pencarian Program Studi" dengan Nama Program Studi, Jenjang, Jumlah Dosen Tetap, Jumlah Mahasiswa dan Rasio Dosen/Jumlah Mahasiswa. Selanjutnya sama dengan nomor 11
  17. Bila setelah Langkah 4, submenu yang kita klik adalah submenu PROFIL DOSEN, maka akan muncul laman Pencarian Data Dosen. Bila "Perguruan Tinggi" diisi dengan nama perguruan tinggi, dan "Kata Kunci" dengan nama dosen, Nomor Induk Pegawai (NIP) atau Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), lalu klik "Cari Dosen," maka PD Dikti akan menampilkan laman "Hasil Pencarian Dosen" dengan Nama Dosen, Gelar dan Perguruan Tinggi.
  18. Bila nama dosen (tertulis warna biru) kita klik, maka akan muncul Data Dasar, Riwayat Mengajar, dan Riwayat Pendidikan yang bisa dilihat lebih jauh seperti dijelaskan pada nomor 13.
  19. Bila setelah Langkah 4, submenu yang kita klik adalah submenu PROFIL MAHASISWA, maka akan muncul laman Pencarian Data Mahasiswa. Bila Perguruan Tinggi diisi dengan nama perguruan tinggi, dan "Kata Kunci" dengan diisi dengan nama mahasiswa atau Nomor Induk Mahasiswa (NIM), lalu klik "Cari Mahasiswa," maka PD Dikti akan menampilkan laman "Hasil Pencarian Mahasiswa" dengan Nama Mahasiswa, Jenjang, Perguruan Tinggi dan Program Studi. Bila nama mahasiswa yang dicari ternyata tidak muncul (ditampilkan) maka berarti mahasiswa tersebut tidak didaftarkan oleh perguruan tinggi, dan bisa dianggap tidak sah sebagai mahasiswa; dan ijazah yang diterima dari PT pada saat dinyatakan lulus akan dianggap tidak sah.
  20. Bila nama mahasiswa (tertulis warna biru) kita klik, maka akan muncul informasi seperti yang dijelaskan pada nomor 15.
  21. Banyak kasus, data tidak disajikan secada lengkap. Perguruan tinggi bertanggungjawab dengan pengisian data, verifikasi dan validasi, serta pembaruan (updating) data.
  22. Bagi masyarakat yang masih ragu atau bingung dalam menentukan pilihan perguruan tinggi swasta bisa menanyakan langsung ke Kantor Kopertis VIII atau lewat website Kopertis.

Denpasar, 28 Oktober 2014
Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII
Koordinator,

ttd

Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa,M.Si.
NIP 196002091987031002

 

Last Updated on Wednesday, 31 December 2014 18:27
 






Kopertis wilayah VIII : Bali, NTT, dan NTB
Jalan Trengguli 1, Penatih, Denpasar, BALI. Telp. (0361) 462964